Kamis, 14 Mei 2009

Etika yang berubah menuju masa remaja



Masa remaja yang penuh penentuan hidup

Masa remaja adalah masa dimana manusia menuju perubahan menuju ke dewasa.Masa remaja merupakan jembatan yang melewati 2 juarang,yaitu jurang kebaikan dan jurang kejelekan. Jika kita jatuh pada jurang kebaikan , maka kita akan melewati masa dewasa dengan segala kebaikan yang kita bawa dari masa remaja, dan sebaliknya. Sehingga belum tentu anak yang memiliki masa kanak-kanak yang begitu baik akan akhlaknya,akan etikanya,sopan-santun,akan terus selamanya awet tertanam dalam diri anak tersebut.Mereka harus melewati masa remaja dahulu sebelum menjenjang ke dalam masa dewasa.Sedangkan masa remaja adalah masa yang yang rentan akan berbagai cobaan yang dapat membentuk karakteristik seseorang tersebut. Akankah kita jatuh kedalam kebaikan atau keburukan?, dan akankah kita menjadi manusia yang bewatak baik ataukah tak memiliki etika?. Itulah yg menjadi masalah kita, mampukah kita kita menghadapi tawaran pergaulan yang mengarah menuju kejelekan? Sedangkan tawaran yang menjerumuskan ke dalam kejelekan sudah sangat banyak sekali di jajankan di masa remaja yang rawan akan pengaruh. Jika kita bisa melewati masa remaja dengan tidak membawa bibit-bibit kejelekan di masa remaja, maka kita akan menjadi manusia yang baik di masa selanjutnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa masa remaja adalah masa dimana jalan hidup yang sedang menemui percabangan. Ke kiri atau ke kanan kah?

Sifat remaja
Remaja adalah di mana manusia memiliki sifat optimisme yang setinggi-tingginya. Apapun yang ada di sekitarnya dapat mudah ditangkap dan di mengerti. Dan Karekteristik seperti inilah yang mengawali perubahan menuju ke kedewasaan.Biasanya anak-anak remaja meiliki sifat-sifat ingin tahu,egois,suka bergaul,dan meluangkan waktu lebih banyak untuk teman dari pada untuk oarang tua.Sebagian remaja memiliki sifat yang nakal lantaran mereka terbawa pergaulan yang tidak baik. Sifat seperti ini memang wajar dan sering terjadi ketika anak menginjak masa remaja. Sehingga pada masa remaja anak-anak sering menyusahkan orang tua dan lingkungan sekitarnya.Anak remaja yang baikpun kadangkala memiliki sifat nakal,tetapi tak senakal anak remaja yang tercipta karena memang sudah nakalnya sangat parah.Perubahan-perubahan yang terjadi pada remaja banyak mempengaruhi pada anak dalam bersikap.


Agar kita jatuh pada jurang kebaikan
Sebagai mana uraian di atas, kita akan melewati dua jurang, akankah kita jatuh dalam kebaikan atau kejelekan? Untuk menyikapi dan menghadapi masa remaja yang penuh tantangan kita harus bersikap sebagai berikut:
1Menghindari pergaulan bebas,
2Jangan dengarkan omongan teman yang berpengaruh pada kejelekan, biarkan saja enggak punya teman dari pada harus berteman dengan setan
3Mempertebal keimanan, iman membuat kita sadar bahwa pergaulan bebas adalah perbuatan dosa
4Selalu percaya diri mempertahankan kebaikan yang masih tertanam dalam diri kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ASIA TENGGARA

ASIA TENGGARA
klik gambar ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang Asia tenggara